Minggu, 21 Januari 2018

Menu ala-ala

Menu ala-ala...



Belajarlah sampai ke negari Cina, demikian kata pepatah, namun kali ini yang aku lakukan agak berbeda, aku belajar "ke India" untuk menyajikan menu khas India yang sebenarnya hampir sama alias mirip-mirip dengan beberapa menu Sirisori. Nah," food trial" kali ini kusajikan sebagai menu berbuka puasa di hari kedua.
Sebenarnya takkan ada nasi yang akan tersaji, tapi berhubung ada salah satu anggota keluarga yang sedang berstatus 'pasien' dan ada keharusan meminum obat maka mau tak mau harus ada nasi untuk makan beratnya, maka hanya kusediakan semangkuk kecil nasi dari beras merah dan sepiring kecil buncis rebus.

Selebihnya, kembali ke menu kali ini yang tanpa nasi, sebagai penggantinya aku menyiapkan beberapa keping roti canai. roti khas India tapi produk yang tersebar di beberapa supermarket kebanyakan buatan negeri tetangga Malaysia.  Sebenarnya beberapa hari sebelumnya aku sudah membuat sendiri roti canai ini, dan menurutku masuk kategori sukses, tapi berhubung sudah habis dan kebetulan kemaren di supermarket aku lihat ada yang versi frozennya maka kubeli satu kantung, langsung masuk kulkas dan sewaktu-waktu tinggal dipanaskan saja...praktis bukan?
Nah...kali ini adalah waktu yang tepat untuk eksekusi frozen canai ku, cukup dipanaskan dengan cara dipanggang pakai double pan selama 15 menit dengan api sedang, lima menit sebelum magrib sudah selesai....bukankah ini nikmat kepraktisan yang luar biasa saudara-saudara???( terutama buat yang tak bisa berlama-lama di dapur..hehee...)

Untuk anda yang tidak terbiasa pasti merasa agak aneh bukan? sepertinya jadi menu nano-nano bukan? karena pelengkap hidangan yang aku sediakan adalah kari kacang ijo (bagi yang suka ternyata sangat lezat lhooo...seperti masakan sirisori katanya, padahal aku sendiri belum pernah mencoba versi aslinya)
sebagai gantinya acar dalam pelengkap menu India, dalam sesi ini aku membuat asinan atau semacam rujak cuka ala  sunda, tapi maaf ya teman-teman.....kali ini rujak cukaku agak kacau...rasanya belum sreg benar, entah apanya yang kurang...bisa jadi karena kondisi puasa sehingga tidak bisa mencicipinya dengan bae-bae ka apa ee......(alasan dech)

Selanjutnya di mangkuk persegi itu ada gorengan, bentuknya seperti lumpia tapi sebenarnya itu samosa, lagi-lagi camilan khas India !! hanya saja aku agak sedikit kesulitan saat harus membuat bentuk segitiga, makanya kulipat saja bentuk lumpia.(sambil dalam hati berniat lagi untuk membuatnya sampai berhasil dengan bentuk segitiga seperti yang aslinya)
Sebenarnya gak ada masalah sih.. prinsipnya hampir sama dengan lumpia ala kita, hanya beda isinya saja.....itu kan hanya soal bentuk, penamaan dan kreatifitas saja,, (samosa berbentuk lumpia mungkin hanya ulahku saja hehee....)

Oke dech....sampai jumpa di kreasiku yang lain yaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar