Minggu, 21 Januari 2018

Emping Erut


emping erut/garut


umbi erut/garut
Jangan salah ya, ini bukan emping melinjo yang biasanya menjadi teman makan soto atau gado-gado. Ini adalah kripik erut atau garut. Perhatikan cara penulisannya juga lho...garut tanpa huruf besar, artinya bukan nama kota atau tempat, melainkan nama sejenis umbi yang bebentuk kurus panjang dan berserat. Ada yang menyebutnya dengan istilah "garut" dan ada juga yang menyebut "erut". Dulu umbi jenis ini banyak dibuat "pati" atau tepung yang kemudian disebut "pati garut" atau "pati erut", dan dari pati garut bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional seperti jenang pati, pati goreng, dawet dsb. Kemudian berkembang menjadi kue kering berbahan pati dan aneka kukis lainnya.
Pati garut/erut ini keberadaannya di pasaran termasuk eklusif, karena belum tentu kita jumpai di setiap toko, dan kalaupun ada, maka harganya terbilang cukup tinggi dibanding tepung2 lainnya.
Nah, kripik ini adalah bentuk lain dari yang hyang bisa diasikan daril ubi garut ini. Saya menduga bahwa ini termasuk produk kreatif hasil menyiasati "limbah" pati yang kemudian diolah menjadi varian baru dan jadilah...kripik garut. Tertarik mau coba ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar