Kamis, 23 Mei 2019

Makanan India




Pengen nyobain makanan India jenis ini, roti dengan kari, dan pelengkapnya. Karena ini kategori makanan khas tradisional India (foto diambil dari makanan halal India) jadi sepertinya hanya bisa dinikmati cita rasa originalnya di India sana, terutama di daerah/ kampung yang masih kental unsur tradisionalnya.

Tapi untuk pergi kesana sungguh diluar pikiran dan daya jangkau saya, sehingga yang paling mungkin adalah ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Masalahnya, masakan India termasuk bukan jenis masakan praktis apalagi instan, penggunaan rempah numbu yang lengkap menjadi ciri khas sehingga memberikan rasa yang kuat. Dengan style yang demikian menjadi tidak mungkin untuk masak sedikit misalnya untuk satu atau dua porsi saja, sebab kalau berlebih siapa yang mau makan? ahhh....ngalamat mubadzir lagi !!
akhirnya cuma sebatas ngumpulin resep dan gak pernag dieksekusi dengan benar. Paling baru di tahap bikin satu resep roti prata saja sudah sangat berlebih hasilnya dan tidak habis.
ya, begitulah...angan-anaganku hanya sampai disini.

20 Makanan Khas India yang Terkenal Paling Enak Makanan
Dosa makanan khas India

Dosa adalah makanan khas India yang bentuknya kering dan krispi yang mirip dengan makanan crepe. Kunci renyah dari masakan dosa ini terletak pada wajan yang digunakan saat memasak yang dipercikan sedikit minyak. Tapi banyak juga kok masyarakat India yang memasak dosa ini tanpa minyak sehingga bentuknya menjadi lemas dan tidak krispi. Makanan ini terbuat dari beras dan kacang.
Dosa juga merupakan salah satu hidangan yang paling kuno atau sekitar abad ke-5 Masehi. Makanan ini umumnya diucapkan dan dieja dosay atau dosai. Dosa memiliki rasa yang sangat gurih sehingga sangat cocok dimakan saat sarapan, makan malam atau bahkan sebagai cemilan serta makanan ini juga sangat cocok untuk orang yang vegetarian atau individu yang alergi terhadap gandum. Makanan ini juga sangat bagus untuk kesehatan karena memiliki kadar kabohidrat yang tingi serta rendah kalori dan lemak.
Makanan ini dibuat dari proses fermentasi yang terbuat dari adonan beras dan rempah-rempah India.
Ini merupakan hidangan pokok di India Selatan, negara bagian Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala dan Tamil Nada serta menjadi populer di Sri Lanka. Bahan utama membuat adonan yaitu dari beras yang dihaluskan (tepung beras) atau bisa juga diganti dengan tepung terigu yang sangat halus yang sudah ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah.
Lapisan tipis adonan dibuat dengan menuangkan ke wajan panas yang sebelumnya sudah diberi minyak atau mentega. Dosa dapat diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus untuk membuat makan cepat saji. Isian Dosa antara lain seperti kari ayam, kari daging, kari ikan, yogurt dengan buah buahan dan acar India. Terkadang juga dengan dioles gula atau selai buah manis yang lebih disukai anak-anak.
Meskipun dosa di wilayah India biasanya dibuat dengan nasi dan miju-miju (rempah hitam khas India), tetapi dosa juga bisa dibuat dengan berbagai variasi seperti dicampur telur dan keju. Ketebalan dosa juga berbeda-beda, ada dosa yang berkulit tebal dan juga dosa berkulit tipis.


RESEP MEMBUAT DOSA

Bahan:
  • 2 gelas beras di rendam selama 4-6 jam
  • 1 genggam nasi matang untuk membuat dosa yang lembut
  • 3/4 gelas lentil hitam di rendam selama 4-6 jam
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Rendam beras dan lentil hitam selama 6 jam supaya lunak saat menghaluskannya.
  2. Haluskan beras, lentil hitam dan nasi secara terpisah. Usahakan menggunakan air sedikit mungkin.
  3. Lalu campurkan semua bahan dan aduk rata. Biarkan adonan terfermentasi selama 1 malam (10-12 jam). Letakan adonan tersebut di tempat yang hangat.
  4. Pada pagi hari adonan sudah siap dimasak. Tambahkan garam secukupnya. Kalau adonan terlalu kental boleh tambahkan sedikit air.
  5. Panaskan wajan anti lengket lalu tuang 1 sendok sayur atau secukupnya kemudian tipiskan dengan gelas atau mangkok yang bawahnya rata sampai benar-benar tipis.
  6. Percikan minyak lalu ratakan minyak keseluruh permukaan wajan. Masak sampai matang kemudian angkat dengan cara menggulungnya dan nikmati dosa dengan kari kambing atau sesuai selera.

MENU DOSA

  • Masala dosa yaitu dosa yang berisikan kentang berbumbu bawang goreng dan rempah-rempah.
  • Rava dosa yaitu dosa yang dibuat dengan rava (semolina) sehingga tidak perlu fermentasi dan biasanya dianggap sebagai camilan atau makanan cepat saji.
  • Muttai dosa yaitu dosa yang dicampur dengan telur.
  • Neer dosa yaitu dosa yang terbuat dari beras.
  • Uppu puli dosa dibuat dengan menambahkan uppu (garam) dan Puli (asam) untuk adonan.
  • Mysore masala dosa adalah dosa yang terbuat dari kelapa dan bawang.
  • China masala dosa dibuat dengan isian mie dan bahan China lainnya seperti saus schezwan.
  • Chilli paneer dosa dibuat dengan isian keju tumis (paneer) dan paprika.
  • Palak masala dosa adalah dosa yang dilapisi dengan lapisan tipis sup bayam kental dengan campuran kentang dan bawang merah tradisional.
Dosa juga termasuk salah satu daftar makanan paling lezat diantara 50 makanan lainnya di dunia. Nah, bagi kalian yang ingin menikmati makanan ini, kalian bisa mencoba nya dirumah. Jadi tidak perlu pergi jauh-jauh ke India untuk menikmati makanan khas India yang lezat ini.
Wah, pasti udah pada gak sabarkan buat menikmatinya hehe. Selain buatnya gampang, makanan ini juga sangat lezat. Yummyyy.. Selamat mencoba guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar