Rabu, 29 Mei 2019

Bubur kari Ramadhan



Sedang nonton TV tentang aktivitas Ramadhan di berbagai belahan dunia dan beberapa masjid di tanah air, ada kegiatan membuat bubur dalam jumlah banyak untuk dibagikan secara gratis saat menjelang waktu berbuka puasa, dan menariknya kegiatan itu rutin dilakukan sepanjang bulan Ramadhan. Saya jadi penasaran ingin coba membuatnya untuk menu buka puasa keluarga, langsung cek isi kulkas lumayan...persediaan sayuran cukup memadai, langsung dech eksekusi dann.......taraaa....bubur kari Ramadhan dengan cita rasa tkhas timur tengah pun terhidang untuk menu berbuka puasa. Alhamdulillah sukses dan disukai....bahkan istimewa kata suami!! 
Namun tidak langsung habis untuk berbuka, Sisanya bisa dipanasin sebentar (tidak perlu sampai mendidih) ternyata tetap nikmat untuk makan sahur. 
Hmm.... bubur memang sangat cocok untuk berbuka puasa, teksturnya ang lunak sangat nyaman untuk perut yang kosong, apalagi bergizi tinggi dan kaya nutrisi, dan yang terpenting....cara buatnya pun mudah dan praktis. Tertarik pengin nyoba? yuk intip cara buatnya, Inilah resep ala saya....

Bahan:
150 gram beras 
4 butir bakso sapi urat /beef tandon meatball (bisa diganti daging sapi)
7-10 ekor udang segar 
1,5 liter air
Bumbu halus:
1/4 sdt jintan
2 sdt ketumbar bubuk
2 sdt merica bubuk
1 butir kemiri
5 siung bawabf merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit segar (bisa diganti kunyit bubuk)
1 ruas jahe
2 sdm garam

Bumbu cemplung:
2 buah cabe rawit merah utuh
gula merah (secukupnya)
penyedap secukupnya
daun salam
daun pandan
daun jeruk purut
1 batang sereh disimpul

Sayuran Pelengkap:
1 butir kentang ukuran sedang
1 buah jagung manis (dipipil)
1 buah terong ungu
1 buah labu siam ukuran sedang
1/4 kg labu kuning
3 tangkai kangkung cabut

Cara buatnya:
masak air di panci ukuran sedang/agak besar (kapasitas lebih dari 2 liter), masukkan bakso sapi (yang sudah diiris dadu kecil-kecil), udang (yang sudah dicincang kaasar) dan beras (yang sudah dicuci bersih). Biarkan sampai mendidih.
Sementara itu haluskan semua bumbu dan langsung masukkan bersama bumbu cemplung, aduk rata dan biarkan terus mendidih sambil diaduk-aduk supaya bumbu merata (api sedang)
Cuci bersih semua sayuran, potong dadu kecil-kecil dan masukkan berturut-turut (berdasarkan lamanya tingkat kematangan) dimulai dari Kentang, jagung manis, terong, labu siam, dan labu kuning.
Setelah dirasa bubur sudah mulai mengental dan sayuran matang masukkan kangkung yang sudah dirajang halus, aduk-aduk lagi sampai kangkung matang, angkat, hidangkan selagi panas bersama teh panas, tanpa perlu tambahan apa-apa lagi  seperti bawang goreng, sambal ataupun krupuk karena rasanya sudah kuat.
selamat mencoba.

Tips:
-Gunakan api sedang cenderung kecil agar bagian dasar panci tidak gosong
-Usahakan terus diaduk setelah mendidih 
-Lama memasak +1 jam (bisa lebih)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar